Salam Perspektif Baru, Edisi 873 | 17 Des 2012,

Kita akan membicarakan salah satu kebutuhan penting dalam hidup kita yaitu pangan. Tamu kita adalah Said Abdullah, Manajer Advokasi di Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan.

Menurut Said Abdullah, pangan itu urusan hidup matinya bangsa. Kalau ingin negaranya berdaulat, maka kunci pertama adalah berdaulat dalam konteks pangan. Kalau kita masih tergantung impor, artinya kita tidak punya kedaulatan penuh atas negara kita karena nanti akan diatur oleh pasar, oleh negara lain. Caranya berdaulat, kita mempunyai sumber daya pangan dan kita mempunyai kekayaan alam, itu yang harus kita gunakan.

Said mengatakan kita memiliki 77 sumber pangan atau karbohidrat yang teridentifikasi di Indonesia, kemudian ada ratusan buah, sayur, juga rempah, dan obat. Jadi kita seharusnya meng diversifikasi pangan kita yang banyak sumbernya, kemudian produksi secara lokal sehingga tidak ada hubungannya dengan krisis di luar negri. Kedua, tempatkan si petani di aktor utama dalam kebijakan setiap produksi pangan, tidak hanya beras.

Berikut wawancara Perspektif Baru dengan Jaleswari Pramodhawardani sebagai pewawancara dengan narasumber Said Abdullah

Selengkapnya, http://www.perspektifbaru.com/wawancara/873

Leave a Reply

COMMENTS