Rimanews – Tingkat kepuasan petani terhadap kinerja Kementerian Pertanian diklaim tinggi oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Amran mengatakan pada Selasa (31/05/2016) bahwa kepuasan petani selama tahun 2015 mencapai 76 persen di sejumlah daerah, bahkan ada yang 90 persen di sejumlah lembaga survey.

“Hal tersebut sangat membanggakan karena berarti merupakan hasil kerja keras yang dilakukan Kementan dan dinas pertanian di berbagai daerah benar-benar dilaksanakan dengan baik,” kata Amran saat membuka dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian Nasional Tahun 2016.

Berdasarkan kajian lembaga survei yang diklaim Amran tersebut, sebagian besar responden juga menyatakan puas terhadap bantuan alat dan mesin pertanian yang sangat besar.

Beberapa waktu lalu, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian memperingatkan bahwa Indonesia menghadapi ancaman kehilangan petani akibat rendahnya minat generasi muda terhadap usaha di sektor pertanian di Tanah Air. Sejumlah pihak memang menyatakan bahwa sektor pertanian mengalami penuaan dengan perlambatan regenerasi petani yang mengancam terpenuhinya nawacita untuk swasembada dan berdaulat pangan.

Sebelumnya, Koordinator Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) Said Abdullah mengatakan persoalan regenerasi petani mengalami pelambatan dengan penuaan dan populasi petani terus berkurang.

Sementara itu, Ketua Majelis Permusyaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan berpendapat bahwa naiknya harga pangan yang terjadi menjelang bulan Ramadhan 1437 Hijriah patut dimaklumi agar petani bisa menikmati dampak kenaikan tersebut.

“Harga pangan memang naik, sekali-kali biarlah supaya dinikmati petani. Yang penting jangan makelarnya untung, sehingga harga betul-betul bisa dinikmati petani,” kata Zulkifli pada Minggu (29/05/2016) malam.

Menurut dia, kenikmatan yang dirasakan petani juga membawa dampak positif karena mampu mempersempit jarak kesenjangan sosial yang terjadi di kalangan petani dengan masyarakat pada umumnya.

Sumber : rimanews

Leave a Reply

COMMENTS