Setelah sukses diselenggarakan pada tahun 2014, kini Pemilihan Duta Petani Muda 2016 kembali dibuka pada tanggal 11 Agustus 2016. Kegiatan ini merupakan inisiatif dari organisasi-organisasi yang berada dalam kelompok kerja youth and farming di bawah naungan Agriprofocus Indonesia. Organisasi tersebut antara lain Oxfam di Indonesia, KRKP, KAIL, dan beberapa lembaga lainnya.

Pemilihan Duta Petani Muda bertujuan untuk mencetak inspirator muda pertanian dan menjadikan pertanian menjadi pekerjaan yang membanggakan bagi anak muda. Berdasarkan data sensus pertanian, sekitar 3 juta tenaga kerja keluar dari dunia pertanian antara tahun 2010-2014. Hal ini dapat mengancam ketersediaan pangan di Indonesia. Pada tahun 2015, KRKP bekerja sama dengan Kajian Strategis dan Kebijakan Pertanian (KSKP) IPB yang didukung oleh Oxfam dan AusAID melakukan riset mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi regenerasi petani (download hasil riset regenerasi petani).

Salah satu faktor yang mempengaruhi regenerasi petani adalah paparan informasi pertanian. Pemilihan Duta Petani Muda 2016 menjadikan hasil riset di tahun 2015 menjadi acuan dalam mendorong penguatan regenerasi petani. Isu regenerasi petani perlu diarusutamakan di kalangan pemuda. Diperlukan inspirator muda, jejaring petani muda, serta pendekatan baru untuk mendobrak image pertanian dari yang kumuh menjadi pekerjaan yang membanggakan.

Pemilihan Duta Petani Muda 2016 dapat diikuti oleh anak muda yang berusia di bawah 35 tahun, memiliki usaha pertanian yang berjalan minimal 2 tahun, dan tidak terbatas pada tingkat pendidikan tertentu. Selain itu, para petani muda dari Indonesia Timur dan perempuan muda yang bergerak di pertanian sangat didorong untuk berpartisipasi. Syarat dan mekanisme pendaftarannya pun sangat mudah, cukup mendaftarkan diri secara online di website www.dutapetanimuda.org atau mengirimkan berkas pendaftaran melalui pos ke sekretariat panitia. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website Pemilihan Duta Petani Muda 2016.

Bertani itu kekinian.

Itulah tagline untuk pelaksanaan tahun ini. Bertani adalah pekerjaan yang membanggakan. Tanpa petani tak ada yang memberi makan dunia. Hanya di tangan anak mudalah image petani kotor, kumuh miskin dapat didobrak menjadi keren dan kekinian. Di tangan anak mudalah kedaulatan pangan negeri ini ditentukan.

Daftarkan dirimu atau ajak teman-temanmu mendaftarkan diri di ajang prestisius ini. Muda, bertani dan menginspirasi.

Poster Pemilihan Duta Petani Muda 2016

Poster Pemilihan Duta Petani Muda 2016

11 Responses so far.

  1. Efendi, SH.I says:

    Petani adalah pejuang….
    Pejuang pangan untuk keberlangsungan hidup banyak orang….
    Tetapi terkadang profesi petani bukan hanya dpandang sebelah mata….
    Bahkan dpandang dengan mata tertutup…
    Program pemilihan duta tani muda sangat bagus. Setidaknya bisa menyadarkan kita kita bahwa menjadi petani itu tidak hina,tidak keren,atau konotasi jelek lainnya.
    Hidup petani….

  2. Ismail says:

    Dimna diadakan komptsi a

  3. nia eka sari says:

    Visi : Menjadi seseorang yang berkepribadian tangguh yang mampu mengembangkan SDM serta membawa diri sendiri ke dalam kehidupan yang lebih baik, dan juga kehidupan yang mempunyai nilai manfaat bagi orang lain.
    Misi : Pembudidaya ikan patin merukan pekerjaan yang menyenangkan . Dengan itu kami bekerja giat, serta Mengembangkan SDM yang berkinerja tinggi. Selalu menggali ilmu-ilmu baru (yang berkaitan dengan pengembangan kemampuan), Membangun jaringan koneksi/kemitraa. Membuat perencanaan yanga baru terkait pekerjaan.Menerapkan kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari. Memulai merintis usaha dan mencoba untuk terus mengembangkannya agar dapat menampung pekerja

  4. luluk hasanah says:

    gmn cra daftarnyya

  5. Hendrik candra says:

    Peluang yang bagus, tapi sayang tahun ini saya ndak bisa ikut serta, usahanya belum genap 1 tahun, pengembangan usaha saya sudah lumayan membuahkan hasil paling tidak untuk diri sendiri dan beberapa petani di dekitar, sudah menjalin prinsip kerja mitra dan sudah berhasil menjalin kerja sama dengan stake holder dan instansi, pemberdayaan petani sudah mulai dilakukan dengan prinsip green eco nature dan ramah lingkungan, pergerakan bidang usaha mencakup usaha pengembangan padi sawah, bina pisang cavendish, hortikultura, hidroponik, dan konsultan pertanian, untuk daging kami bergerak di penjualan dan marketing ayam potong, usaha pasca panen dan penjualan langsung juga sudah dilakukan berikut pengolahan sisa produksi yang tidak termanfaatkan, ya tapi apa bisa dikata memang persyaratan yang tidak memungkinkan untuk ambil bagian, terimakasih informasinya

    Maju terus petani indonesia
    Hasilkan karya untuk petani lebih baik

    • ulil says:

      kegiatan ini akan diselenggarakan 2 tahun sekali. Penyelenggaraan berikutnya pasti anda telah masuk kriteria. Semoga sukses dan ditunggu pendaftaran di event berikutnya.

  6. kasman says:

    uda berapa pendaftar Duta Tani Muda 2016

  7. kasman says:

    saya punya usaha dibidang perkebunan, usahanya tumpang sari tanaman jabon, kakao dan pisang raja/ambon, dan sudah berjalan 4 tahun, apa masuk kategori yang dilombakan

Leave a Reply

COMMENTS