FOKUS KEGIATAN

Berdasar prioritas isu, KRKP akan mengembangkan kegiatan antara lain:

  1. Mengembangkan dan mengorganisir dialog dan sharing antar wakil berbagai organisasi rakyat dan Ornop untuk mengembangkan kerjasama dalam memperkuat gerakan rakyat untuk mewujudkan kedaulatan pangan di Indonesia.
  2. Monitoring dan kajian terhadap berbagai kebijakan dan pengaruhnya terhadap sistem pangan rakyat.
  3. Mengumpulkan dan menyebarluaskan best practices dan lesson learned tentang kedaulatan pangan melalui berbagai media.
  4. Memfasilitasi dialog, lobI, konsultasi publik dan aksi dalam rangka advokasi kebijakan pangan.
  5. Mengumpulkan dan mendistribusikan informasi terkait dengan kebijakan dan masalah pangan rakyat kepada partisipan dan pihak-pihak lainnya.

PROGRAM KERJA

  1. Monitoring dan Kajian Situasi Pangan Indonesia
    Memonitor kebijakan internasional, nasional dan daerah serta pengaruhnya terhadap pemenuhan hak rakyat atas pangan dan sistem pangan rakyat di Indonesia.
  2. Advokasi dan Kampanye
    Mengembangkan dan menyebarluaskan gagasan, konsep dan strategi kedaulatan pangan sebagai upaya mengatasi akar masalah kelaparan dan malnutrisi rakyat Indonesia kepada barbagai pihak serta melakukan advokasi untuk merubah kebijakan pangan agar memihak kepada kepentingan petani kecil dan rakyat miskin dan berperspektif keadilan jender.
  3. Capacity Building
    Mendukung organisasi rakyat untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam mengembangkan sistem pangan mereka sendiri sesuai dengan kondisi ekologi, sosial, ekonomi dan budaya khas masing-masing. Fokus pengembangan sistem pangan rakyat meliputi:

    • Akses dan kontrol terhadap berbagai sumber produksi pangan;
    • Pengembangan sistem produksi pangan yang beranekaragam dan berkelanjutan;
    • Pengembangan sistem distribusi dan pemasaran lokal,
    • Pengembangan sistem konsumsi pangan lokal yang beranekaragam dan menjamin terpenuhinya kebutuhan pangan yang cukup, bergizi dan aman sepanjang waktu.