logo-1

Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) merupakan lembaga nirlaba yang lahir dari keprihatinan terhadap persoalan kelaparan dan nasib petani penghasil pangan. KRKP didirikan sebagai media bagi pencapaian hak atas pangan dengan pendekatan kedaulatan pangan ditingkat lokal, nasional dan internasional melalui advokasi, kajian, pengembanga kapasitas dan penguatan jaringan baik nasional maupun internasional.

KRKP dibentuk pada bulan Februari 2003 di Bogor dan disahkan sebagai badan hukum perkumpulan pada tanggal 21 Juli 2006. KRKP dibentuk atas inisiatif beberapa organisasi petani, Ornop, dan Jaringan Ornop yang memiliki perhatian terhadap persoalan pangan dan hak atas pangan. KRKP dimaksudkan sebagai media sharing pengalaman dan kerjasama untuk saling mendukung dan mensinergikan berbagai upaya yang telah dilakukan oleh masing-masing partisipan. Dengan demikian peran KRKP bukan untuk meniadakan atau mengambil alih apa yang telah dilakukan oleh partisipan, tetapi mendukung apa yang dilakukan oleh setiap partisipan agar semakin berkembang dan sinergis.

KRKP merupakan media sharing dan kerjasama, yang bersifat terbuka dan sukarela bagi berbagai organisasi rakyat, jaringan Ornop, Ornop, dan individu yang peduli terhadap persoalan hak rakyat atas pangan. Agar tujuan KRKP dapat diwujudkan maka dibentuk panitia kerja yang akan menjalankan prioritas kegiatan yang disepakati para anggota dalam pertemuan anggota.

Visi KRKP adalah terwujudnya kedaulatan rakyat atas pangan di Indonesia.

Misi KRKP adalah membangun gerakan rakyat untuk mewujudkan kedaulatan pangan yang berkelanjutan, berkeadilan gender, mandiri dan sesuai dengan kondisi ekologi, sosial, ekonomi dan budaya setempat.

Goal/Tujuan Jangka Panjang

  1. Membangun gerakan rakyat untuk menegakkan kedaulatan pangan pada tingkat nasional dan daerah dengan melibatkan berbagai elemen rakyat – baik perempuan maupun laki-laki – seperti petani, masyarakat adat, buruh, nelayan, dan miskin kota.
  2. Berperan dalam upaya mereformasi kebijakan global, nasional, dan daerah untuk mewujudkan perdagangan yang adil serta menghentikan kebijakan dumping dan memberikan proteksi terhadap pasar pangan domestik dan lokal untuk melindungi dan mengembangkan sistem pangan lokal dan daerah
  3. Meningkatkan akses dan kontrol rakyat terhadap sumber daya agraria, proses produksi, distribusi dan konsumsi pangan

Objective/Tujuan Jangka Pendek

  1. Meningkatkan fungsi KRKP sebagai media kerjasama antar partisipan untuk mewujudkan kedaulatan pangan yang berperspektif keadilan gender
  2. Melakukan kajian partisipatif tentang dampak liberalisasi perdagangan terhadap sistem pangan rakyat yang berbasis sumberdaya lokal.
  3. Melakukan advokasi kebijakan nasional agar pemerintah lebih memperhatikan kepentingan petani produsen pangan serta hak-hak rakyat atas pangan.
  4. Memfasilitasi pengembangan kapasitas partisipan dalam mengembangkan strategi dan mengimplementasikan kegiatan penguatan sistem pangan rakyat yang berbasis sumberdaya lokal dan berperspektif keadilan gender.